Friday, August 31, 2007

mari berjabat tangan!

sering saya dengar, bahwa first impression itu penting. dan salah satu alat untuk mengindikasi kepribadian seseorang di pertemuan pertama adalan jabatan tangannya.

yap. secara tidak sadar, saya sering mengidentifikasi seseorang dari caranya berjabat tangan. padahal kalo baca artikel-artikel gitu, saya juga enggak percaya-percaya amat. tapi entah kenapa, saya sering menilai orang dari cara berjabat tangan. makanya, saat berkenalan saya sebisa mungkin menjabat tangan orang dengan cukup erat. soalnya, saya tidak mau dianggap tidak sopan kalau cuma menyodorkan ujung tangan saya.

nah, kadang-kadang saya suka merasa terlalu bersemangat kalau berjabat tangan. entah karena memang saya begitu, atau orang yang salaman dengan saya ternyata salamannya ogah-ogahan. kadang-kadang tengsin juga, kok saya kayak yang berlebihan. tapi sering juga saya merasa, kok orang ini belagu banget sih. huh! xp

seperti kejadian sore ini. saya dan fanie pergi ke sebuah restoran yang menjual makanan peranakan. kami ke sana untuk bertemu manajernya dan bilang kalau kami mau memasukkan restoran mereka di rubrik nyicip. setelah disuruh duduk dan menunggu oleh waiternya, akhirnya si manajernya muncul juga. perawakan ibu manajer ini kecil, berambut lurus sepundak, dan berpakaian cukup rapi. wajahnya seperti yang suntuk, entah karena ngantuk atau memang mukanya begitu. ya sudahlah, kami bangkit dari kursi dan bersalaman.

nah, si manajernya ini menyambut tangan kami dengan seadanya. tangan kami cuma disambut di bagian ujung. dia cuma menyentuh ujung-ujung jari kami dan mengabaikan si telapak tangan. lantas kami pun ngobrol, menjelaskan maksud dan tujuan kami datang ke sana. eeh, si ibu itu terlihat ogah-ogahan gitu. dengan gaya sok sibuk dengan ericsson k750i-nya, dia bilang nanti dia akan mengabari kami kepastiannya, karena restorannya sudah dibooking banyak media. setelah bincang-bincang sedikit, kami pun pamit. lalu kami bersalaman lagi. dan tentu saja, kami mendapat jabatan tangan yang dingin dan seadanya. seolah-olah tangan kami ini menjijikan...

kalau begini, saya jadi percaya kalau cara berjabat tangan memang bisa menggambarkan seseorang. 

37 comments:

  1. tenang te.. meskipun si ibu tadi ogah2ah, tapi yang penting hari rabu jam 12 kita makan disana, okay...

    btw, mungkin nggak mukanya bete banget karena restorannya itu sepi? harusnya dia seneng ya ada media yang bersedia meliput restoran yang mahalnya naujubile itu..

    ReplyDelete
  2. jadi mau liputan, jabatan, atau makannya?

    ReplyDelete
  3. tapi lo denger kan yang dia bilang. "hmm, nanti deh saya hubungin lagi. soalnya lagi ada yang mau dateng ke sini juga. nanti wawancara dan fotonya satu hari kan?" seolah-olah, bakal mengacau ajya gtu kitanya..

    aaaaaneeeeehhh..

    ReplyDelete
  4. Dimana2 memang begitu kalau merasa orang punya posisi penting .... berjabat tangan sekenanya... acuh..... bahkan mata (muka) malah menatap orang lain... menyebalkan.... Itu artinya dia nggak respek....

    ReplyDelete
  5. jabatannya!

    secaraaaaa makanan di sana mahal2. pasti kalo gw dapet jabatannya sebagai manajer, gajinya gede! hehehe.

    ReplyDelete
  6. Panteeessaaaaaannn! Waktu mula-mula kenalan ama lu, tangan gua SAKIIIT!!! Hahaha...! Gua pikir, "Soleh kok pacaran ama kuli ya?"

    Hehehe... Boong Tet, becanda yaps... :P

    ReplyDelete
  7. wah, kalau posisi sebagai manajer aja udah berasa penting bangget, gimana dia jadi ibu-ibu pejabat ya?

    ReplyDelete
  8. hihihi.. meureuuuuun..

    buset dey dev, makannya mahal2 banget! padahal rajungan goreng tepungnya terlihat menggiurkan.. sllurppp!

    ReplyDelete
  9. iya, gue juga suka membiasakan diri supaya berjabat tangan dengan meyakinkan. tapi tetep yah bok, enggak inget namanya... nah, itu kan bertolak belakang sama kesan jabatan tangan yang hangat dan tidak ogah2an.

    ReplyDelete
  10. aaahhh, irmaaaan!

    enggak gw ajak ke lembang lagi aaaahhh.. hehehhe

    ReplyDelete
  11. Bayangkan...Bayangkan.....!!! Sebenernya dari cara salam kita juga tau orang ini respek ato nggak... kalau dia yg butuh pasti jabatnya erat dan sok akrab.....
    Mustinya salaman yg erat menunjukkan kepribadian seseorang... (tau tuh buku karangan siapa... nggak jelas...)

    ReplyDelete
  12. iya wiiii. sama banget! gw juga susah nginget2 nama orang.

    dulu biar gampang inget, gw suka mencari kata2 yang mirip. jadi misalnya ada temen gw yang namanya yodida, dipanggilnya dida. trus biar inget, gw menyamakan namanya dengan dudidam dam dudidudidam (itu loh lagunya enno lerian.. hihi.. iya gw tau enggak mirip).. eh, yang ada gw malah manggil temen gw itu dudi! hahaha.

    ReplyDelete
  13. Gue juga selalu percaya dengan impresi yang baik itu dibangun dengan jabat tangan. Makanya gue seneng bener jabat tangan sama orang.

    ReplyDelete
  14. yah, lumayan lah buat tabungan masa depan cerah
    xp

    ReplyDelete
  15. mungkin ibu2 itu lagi banyak masalah. akhir bulan, belum gajian juga. hehe. [seperti de ja vu].

    ReplyDelete
  16. ih sama sama sama!! aku juga pertama menilai orang dari cara menjabat tangan dan menyebutkan nama saat kenalan.
    tapi kadang2 lika suka iseng gitu, kalo abis dikenalin sama siapaaa gitu, abis saling mengucapkan nama, lika suka tanya lagi ke dia, "hayoo.. nama saya siapa coba?"
    pasti langsung grogi, soalnya tadi nyebut namanya cuman basa basi doang, gak bener2 didenger apalagi diinget. tapi gak masalah sih soalnya lika juga biasanya gak ngeh namanya siapa, kecuali kalo orangnya ganteng. itulah esensi dari Kenalan-Basa-Basi. haha.. Sorry jadi ngelantur..
    zzzzz

    ReplyDelete
  17. ah iya ta, gue juga gitu, gendok banget kalo salaman ma orang kaya gitu, jadi ngerasa rugi gw pasang senyum lebar-lebar sambil ngulurin tangan, kadang suka jadi salting juga kalo udah semangat mu salaman taunya orang itu (cowok) yang ikhwan-ikhwan ga mau nyentuh cewek gitu deeh.. anjritt gendok.

    ReplyDelete
  18. anjrit iya banget!!! bete tuh, udah mengulurkan tangan, dianya cuma menempelkan kedua telapak tangan trs dideketin sama tangan kita. trs tangan kita sebelah ngegantung aja gitu di udara, bingung musti digimanain. tapi lika sih kalo dikenalin sama ikhwan-look-alike gitu udah siap2 aja salamnya salam gak nyentuh dan ngga shake hands. daripada gondok.. heuheue

    ReplyDelete
  19. sama akhwat-look-alike juga gitu....anjrit ni istilah apaan sih...btw makanan peranakan itu apaan ya?nasi babi panggang?ikkuuuttttt!!!!!

    ReplyDelete
  20. hihihihihihi, gw pernah kenalan sm orang dan tanganku yg terulur manis siap menjabat dg hangat dan kuat itu cuma dikibas tangan yg kayak ikan dingin tuh yg paling males, bisa gw musuhin tu orang sampe jabat tanganny udah mendingan, hohohoho

    ReplyDelete
  21. gampar aja tuh si ibu manajer nya itu...labrak langsung

    ReplyDelete
  22. wah, emang paling menyebalkan tangan-tangan terulur tapi tak tulus itu...
    Gw juga percaya kalo kesan pertama bisa ditangkap dari jabatan pertama itu. Kalo yang dia berusaha mengarahkan tangannya ke bawah (memposisikan tangannya di atas tangan kita), itu artinya dia......
    Kalo yang membuat tangan kita berada di atas tangannya, itu artinya dia.....
    Kalo yang mengocok berkali-kali, itu artinya dia.....
    Kalo yang mengocok sekali, tapi dengan ketegasan yang mantap, itu artinya....
    Kalo yang tanpa kocokan, tapi tegas, itu artinya dia....
    Kalo yang cuma ngasi ujung jari tangan, doang, itu artinya....
    Kalo udah lama gak ketemu, tapi pas ketemu gak jabatan tangan, itu artinya..... grogi....
    ;p

    ReplyDelete
  23. kemaren siy gw liat di menunya ada capcay, sop-sop-an, aneka macam seafood, nasi goreng, dan begitu2lah. gw enggak merhatiin dey ada menu babi panggang atau nasi babi, yang jelas gambar rajungan gorengnya terlihat sangat meggiurkan! nyamnyamnyam..

    tapi mahal-mahal banget, ky!

    ReplyDelete
  24. kalo yang ini gw tau ki! ada contoh nyatanya..
    betul enggak, fan? hihiihihi..

    ReplyDelete
  25. yah, kayak lo gtu dey ki orangnya.
    hahahaha..

    emang yang lain artinya apa?

    ReplyDelete
  26. iya, te.. ada ya temen kita (temen???) yang kalo salaman posis tangannya dia ada di atas tangan kita.. tapi kok kemaren ketemu salamannya uda nggak gitu lagi ya??

    ReplyDelete
  27. dih... elu... jelas-jelas gw kalo salaman selalu memposisikan tangan gw di bawah, setelah sebelumnya melakukan satu kocokan...

    kalo diatas, itu tandanya dia tengah megirim pesan, ingin mendominasi...

    ReplyDelete
  28. solusi biar jabatan tangan digenggam erat, pas salaman selipin amplop...terserah mau ada isi atau ga ada, pasti digenggam erat...itu mah dari hasil pengamatan terhadap orang-orang pemda

    ReplyDelete
  29. huahahaha... pengamatan yang luar biasa...
    gw mencoba dua kali seperti itu dalam sebua peliputan ke luar kota, yang ada gw yang malu sendiri...

    Orang pertama tak mau berjabat tangan, cukup dengan melambaikan tangan. Setelah berkali-kali bilang "jangan... jangan..."
    Yang kedua mundur beberapa langkah, memaksa gw menyimpan kembali amplopnya... Setelah dia yakin itu amplop masuk kantong gw, baru dia maju lagi, terus bilang, "kita salam persahabatan aja,"

    Tengsiiiiinn....

    ReplyDelete
  30. hihihi.. gw suka kayak gitu (kalo pas lebaran xp)

    ReplyDelete
  31. mau dong...ga nolak dah saya mah biar ga lebaran juga...hehehehe, dijamin erat jabatannya juga

    ReplyDelete
  32. siapp! nanti saya bilangin mamah dan papah..

    ReplyDelete