Wednesday, September 26, 2007

Hari Habitat Sedunia

Pagi ini, saya berangkat sendiri. Biasanya saya berangkat naik mobil teman saya, tapi ya hari ini saya naik angkutan umum. Karena tidak ada teman ngobrol, saya pun melihat-lihat jalanan. memperhatikan  hal-hal yang biasanya saya lewatkan.

Sampai akhirnya saya melewati gedung Kementrian Perumahan Rakyat. Oh, oke. Selama ini saya tidak pernah tau ada departemen ini di pemerintahan kita. Jadi, salah satu hikmah dari perjalanan saya pagi ini adalah saya menambah wawasan tentang perumahan rakyat yang ternyata punya departemennya sendiri [hehe].

Gedung ini terletak di belakang gedung sekretariat ASEAN. Kalau gedung ASEAN sih saya tahu nama jalannya, tapi kalau nama jalan tempat gedung kementrian itu masih sama gak ya namanya?

Di depan gedung itu, dipasang banyak spanduk. Segala macem lah spanduknya. Yang paling menarik perhatian saya adalah sebuah spanduk bertuliskan "Hari Habitat Sedunia". Hah? Emang ada ya? Perasaan mah saya baru denger..

Penasaran...

Sampai di kantor pun saya search di google. Hasilnya? Saya tetap tidak tau apa itu Hari Habitat Sedunia. Satu hal yang saya ketahui, hari tersebut diperingati setiap tanggal 1 Oktober. Kebanyakan info yang ada di google berkisar tentang perayaan hari tersebut di
Malaysia dan Brunei. Kalah pamor sama Hari Kesaktian Pancasila kali ya boo..

Jadi, sebenarnya apa sih Hari Habitat Sedunia? Maksudnya ada hari ini, apa? Terus, di hari ini kita harus ngapain? Kenapa nama yang dipilih itu ya, saya jadi mengasosiasikannya dengan pelajaran Biologi. Aneeeh..

Atau, ada yang bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan saya?

24 comments:

  1. Ndak tahu apa artinya, tapi diperingati bukan pada setiap 1 oktober, tapi:

    "diperingati setiap hari Senin minggu pertama bulan Oktober"
    sumber: http://www.pu.go.id/Ditjen_mukim/habitat/daerah/sumut.htm

    Kalau niat, cari di situs PBB deh. Soalnya kata artikel di atas ada resolusi PBB-nya.

    ReplyDelete
  2. Ah, gua juga penasaran sendiri jadinya. Et, Voila!

    Buka ini:
    http://www.unhabitat.org/categories.asp?catid=490

    Atau:

    "The United Nations has designated the first Monday in October every year as World Habitat Day to reflect on the state of human settlements and the basic right to adequate shelter for all. It is also intended to remind the world of its collective responsibility for the future of the human habitat."
    source: http://www.unhabitat.org/content.asp?cid=2841&catid=490&typeid=24&subMenuId=0

    Semoga menjawab, paling tidak sebagian, rasa penasaran Tetta yang mendalam :P

    ReplyDelete
  3. Mungkin biar kita menyayangi binatang langka dan menghentikan perburuan terhadap binatang tersebut. BTW, Tet, untung gue gak jadi bolos soalnya hari ini dapet 1 dus tajil berisi pisang aroma, kolak, lontong, kue hijau, 1 kaos, 1 magnet bergambar Hongkong dan sebungkus kue mirip mochi yang kata Wenz, "Ini kue enaaak banget!" Hehehe...tapi, aku tetep mau cokelat! (marux)

    ReplyDelete
  4. irman: terima kasih, man. tapi tetep aja enggak ngerti apa fungsi hari ini. hehe.

    alin: loh, wenz udah pulang? mau oleh oleeeeh! menyayangi binatang langka dan menghentikan perburuan? kayaknya enggak dey lin. wong spanduknya dipasang di kementrian perumahan rakyat. seperti yang enggak nyambung. btw untung lo enggak ikut. filmnya film korea gitu, dan banyak adegan konyol [selain dialek ngomongnya yang emang konyol hahaha].

    ReplyDelete
  5. kirain hari habitat teh hari yang berhubungan dengan kebiasaan. hehe. baca sekilas, jadi ingetnya habit.

    ReplyDelete
  6. kalo aku ingetnya pelajaran biologi. habitat ikan di air, habitat orang utan di hutan kalimantan, dsb.

    ReplyDelete
  7. Tujuan dari penyelenggaraan Hari Habitat Sedunia untuk memberikan gambaran mengenai kondisi permukiman dan hak atas hunian yang layak. Selain itu juga untuk mengingatkan masyarakat dunia mengenai tanggung jawab terhadap masa depan umat manusia.
    Habitat sendiri istilah sains untuk tempat hidup bagi benda-benda yang bernyawa. Walau bagaimanapun Habitat yang dititikberatkan oleh (United Nations Commission for Human Settlements, UNCHS-Habitat) ialah berkaitan dengan rumah dan seluruh lingkungan hidup manusia di seluruh dunia.
    Untuk tahun 2007 ini, puncak Hari Habitat Sedunia di Indonesia akan digelar di Kota Surakarta. Kota ini dianggap berhasil dalam menata ruang dan wilayahnya hingga nyaman untuk ditempati.
    membantu kah?



    ReplyDelete
  8. kalo gw ko liatnya di dept pekerjaan umum loh, di jalan raden patah.. tetep bingung.. juga sama kata2 yg di situ -- dan gw lupa apa.. hehe

    ReplyDelete
  9. kalo kata mukti-mukti, peringatan hari2 kaya gitu tuh ga penting.

    ReplyDelete
  10. Baru mau menjelaskan lebih lanjut, ternyata sudah ada yang menjelaskan :) Gimana Ibu Solihun, membantukah? :)

    ReplyDelete
  11. terus setelah ada Hari yang dikhususkan untuk Habitat, pengaruhnya apa untuk habitat itu sendiri ya?
    (berlaku juga buat Hari-Hari lainnya)

    ReplyDelete
  12. Kalau Hari Buruh sih ada pengaruhnya. Buruh sedunia demonstrasi, tapi itu juga cuma hari itu doank sih. Paling enggak dunia jadi ngeh (walaupun besoknya lupa lagi), kalau ada suatu entitas yang bernama buruh di dunia itu.

    ReplyDelete
  13. kan ada juga Hari Keluarga, entah tujuannya apa. Yang tau juga kayanya cuma sedikit. huhu

    ReplyDelete
  14. gue kirain hari yang ditunggu-tunggu sama penggemar lord of the rings.

    hari hobbit-at sedunia. *alah

    ReplyDelete
  15. cukup membantu koks. terima kasih adi selang =D.

    tapi, tetep, gw enggak ngerti apa hari peringatan seperti yang satu ini benar-benar berpengaruh atau enggak. sampe sekarang aja yang tau hari ini enggak banyak. itu juga paling kayak orang-orang pemerintahan atau segelintir orang lainnya. dan tindakan memperingatinya juga enggak terlihat.

    kalau kayak hari lingkungan hidup kan jelas [paling enggak buat gw]. intinya kita diingatkan untuk menjaga lingkungan hidup. bisa tanam pohon kek, kerja bakti kek, dll. nah kalau hari habitat sedunia, kita jadi apa? merhatiin rumah, benerin rumah, atau bahkan bikin rumah baru? bahan bangunan kan mahal? belom tanahnya.

    aaah.. susahnya punya rumah sendiri.. [heuheu.. curhat colongan].

    ReplyDelete
  16. kalau gitu gw nunggu hari elf sedunia aja lah! bertemu arwen undomiel yang cantik jelita lalallaa.. xD

    ReplyDelete
  17. Sosialisasinya saja kurang, gimana mau ngaruh? Masalah habitat di situ seperti persoalan tata kota gitu yah. Harusnya justru digelar di tempat paling hancur, Jakarta hehe...rumah di bawah kolong jalan tol sampe kebakar, kurang hancur apa? Harusnya mereka mengundang orang2 Surakarta itu ke sini untuk menerapkan penertiban tata kota sehingga bisa nyaman seperti mereka.

    ReplyDelete
  18. hari angkot nasional juga ada
    hari pohon juga...
    coba semua "hari-hari"itu diliburin
    hihihihihi

    ReplyDelete
  19. Kita diharapkan ingat sama yang gak punya rumah atau rumahnya gak layak, atau bahkan pengungsi perang dan korban bencana alam atau penggusuran. Begitu kira-kira yang gua tangkep dari bacaan-bacaan :)

    Dan karena ini prakarsa PBB, mungkin PBB menekan pemerintah2 untuk menyediakan tempat tinggal yang layak bagi mereka.

    ReplyDelete
  20. hari angkot nasional? aku baru tau cito.
    terus, kita ngapain kalo hari angkot nasional?
    enggak ada hari angkot nasional juga aku naik angkot terus. hehehe.

    ReplyDelete
  21. Wah, PBB bisanya nyuruh doang, kasih bantuan dana dong...Kalo hari angkot kita gak boleh jalan kaki walau deket hahaha..ngarang. Ta, besok gw wawancara Dimak masa wakakak...

    ReplyDelete
  22. pas kerja di ardan,dikasi PD banyak banget hari nasional
    yah kalau angkot libur,kita naik taksi dong
    tetta gmn sih
    hehhhehee

    ReplyDelete
  23. wek, interview dimak?
    ciee dimak. artis indie pop tersohor euy!

    ReplyDelete
  24. Nebeng orang yang naik taksi aja deh, Cit hehe..*cheap bastard mode on*
    Iyah neh, masuk rubrik yang bagus lagi ckck...dasar narasumber hahaha...

    ReplyDelete