Wednesday, July 25, 2007

antara duduk dan tidak duduk

selama magang, saya berkawan akrab dengan yang namanya busway. tepatnya, busway jurusan blok m-kota. biasanya, kalo jam-jam pulang kantor si busway ini selalu penuh. pas awal-awal magang sih saya masih keukeuh duduk di kursi yang ditaro di shelter sampe ada busway yang lumayan sepi jadi saya bisa duduk. lama-lama saya belajar. ya udahlah, kalo mau duduk naik aja bis biasa, enggak usah naik busway. kemungkinan kosong bis biasa jauh lebih besar. lagipula kalo naik busway kan lebih cepat dan adem. "sama saja lah," begitu pikir saya.

nah tadi malam, seperti biasa saya pulang naik busway. begitu si busway datang, saya langsung masuk walaupun isinya penuh. tapi pas nyampe di shelter setiabudi, banyak orang turun mau pindah naik busway yang di rute lain. jadinya, banyak tempat duduk kosong. bahagialah saya. banyak tempat duduk kosong yang bisa saya tempati. hahaha. tapi anehnya, tidak semua orang yang berdiri seantusias saya. saat saya beranjak duduk, banyak yang cuek aja sama si kursi nganggur. aneh. padahal kan lumayan duduk sampe tempat tujuan.

yang memilih enggak duduk itu macem-macem. ada perempuan pake rok, ada ibu berbadan besar, dan beberapa orang laki-laki. kalo laki-laki mah saya rasa wajar kalo mereka memilih untuk tidak duduk, masih ada perempuan yang berdiri. nah yang perempuan ini aneh. udah dicolek sama penumpang yang duduk, dia malah ketus dan memilih tetap berdiri.

kenapa ya? padahal kan si busway jalannya suka gak enakeun. ngerem tiba-tiba, ngebut tiba-tiba. bikin orang-orang yang berdiri jadi tidak stabil posisinya. jauh lebih nyaman kalo duduk. mau baca enak, mau tidur enak. enggak desek-desekan lagi.

yang jelas saya mah bersyukur kalo tempat duduk. hehehe.


30 comments:

  1. mungkin pantatnya bisulan. atau, sebel karena dicolek-colek. jadinya marah.

    ReplyDelete
  2. gw lebih suka berdiri.
    nggak pegangan.

    hahaha, iseng dan jail aja sih.

    ReplyDelete
  3. banyak juga ya yang pantatnya bisulan.

    oh, bener juga lo gi. kalo enggak pegangan kan serasa naik wahana di dufan ya. hehehe.

    ReplyDelete
  4. tetta ... woww luar biasa MP kamu ,,, disainnya benar2 mampu menggambarkan suasan kisruh dan kacau balau ,,, RIOT .. Top deh kamu .. dua jempol buat kamu ,,, mirip Picasso dari pendekatan yang lain ... OK deh cuma numpang mampir neh ,..Salam kenal ya,. sampai nanti kapan2 kita ketemu n copdar di TransJakarta di jalur busway kamu ,,, ha ha ha .. C U around

    ReplyDelete
  5. udah nanggung kali!? dan untuk "bangkit" dari kursinya, mungkin mereka membutuhkan energi yang tak sedikit... ukuran badannya gimana2?

    ReplyDelete
  6. Iya, aneh. Lagi "M" mungkin haha...Lagian kalo ditawarin duduk gak usah nyolot juga sih nolaknya. Gw suka heran kalo di bus2 ada nenek2 atau ibu2 hamil jarang banget ada cowok yang rela ngasi tempat duduknya. Kebanyakan cewek2 yang ngasih. Sudah pada gak punya hati kali...

    ReplyDelete
  7. sembarangan lu!
    gw pasti ngasi tau!? langsung cepet2 gw kasi
    jangankan ibu2 hamil atau nenek2, atau kakek2... Wong cwe yang masih sehat segar bugar cantik muda aja gw kasih...

    ;p

    ReplyDelete
  8. mungkin si ibu itu ternyata laki-laki, sehingga kalau duduk akan ketawan..

    ReplyDelete
  9. saya belum pernah naik busway. di bandung isunya trans metro bandung yang tak kunjung hadir.

    ReplyDelete
  10. huahahahhaha..
    lo benar2 harus ganti namaaaaa!

    ReplyDelete
  11. "Jarang" bukan "Nggak ada", Ki. Tapi, pemandangan itu lebih sering gw liat dari yang biasa lu lakuin. Pernah pas gw lagi berdiri di bus, di sebelah gw ada mbak2 mukanya udah pucet banget. Gak ada yang peduli tuh sampe akhirnya dia pingsan dan jatuh ke muka cowo yang lagi duduk dengan santai di hadapan dia. Padahal cowo itu udah gw sindir, gak mempan juga. Harus sampai ceweknya pingsan baru nyadar...ckck

    ReplyDelete
  12. iya. padahal gw juga menantikannya. lumayan kan ke perjalanan jatinangor-cijerah jadi lebih cepat! heuuu.

    ReplyDelete
  13. iya ki. bener kata alin. gw biasanya malah berjibaku di antara cowok2. entah itu di busway ato di damri. dan mereka biasanya enggak mau kalah. memanfaatkan tenaga mereka yang jauh lebih besar untuk menyeruak di antara kerumunan. malah muka gw pernah kena sikut seorang laki-laki di pangdam elang! brengsek!

    ReplyDelete
  14. kurang ajar laki-laki itu semua...
    ck... mengecewakan banget. lain kali, Lin, jangan sindir2 doang. tabok aja kepalanya... "Hei, dudul! lu gak ngeliat ini orang mw pingsan apa?"

    ReplyDelete
  15. jangan ditabok ki, mending dilempar kursi..

    ReplyDelete
  16. Yeah, right..kalo urusan nabok orang di tempat umum sih udah kenyang gue. Orang2 ngeliatnya bukan cowok rese itu yang salah, malah, "Anjir, nih cewek kok kasar banget sih." Cih, padahal jelas2 pantat gue yang dicolek2. Kalo soal cowo yang nyikut lu sih gak heran, Ta. Gue pernah di Damri ada cowok yang teriak2 minta duduk, padahal gw udah jagain buat Tia dan Lia. Pake menghina2 segala.Terus sengaja gitu ngalangin jalan Tia & Lia biar mereka gak bisa duduk. Walhasil dia deh yang duduk. Padahal tu cowok boro2 kecil dan sakit. Besar dan segar bugar malah. Yikes!

    ReplyDelete
  17. melambai gak dianya? kalo iya, wajar aja. minta emansipasi kali!

    ReplyDelete
  18. Hahaha...anjroot! Jangan2 emang banci tuh cowok2 yang maksa duduk dan gak peduli sekitar X D

    ReplyDelete
  19. Hahhahaa.... tetta, gw tau loe gak bikin desain ini. Loe ambil dari multiply customized themes kan... hehehe... ngaku hehehhe... :p

    ReplyDelete
  20. ya kalo gw sejago ini mah gw kuliah aja di desain. bukan di fikom! hehehe.

    ReplyDelete
  21. itu mah elo aja yang oportunis Ki...
    mana tau abis lo kasih tempat duduk, dia mau ngasih nomor telfon...

    iya kan?!

    ehauheuahe...

    ReplyDelete
  22. ah..itu mah lo aja yang oportunis, Ki..

    mana tau abis lo kasih tempat duduk, si doi mau ngasih nomor telfonnya..

    ya kan?!

    ehauheuaeua....

    ReplyDelete
  23. ya ampuun dimakkk...

    gua no comment aah....

    ayo dong..adakan acara kampus..
    biar dimak bisa galak lagi, sesuai permintaannya...

    *uups...ngga sengaja ngomongnya, Mak..maaf yaah..ampuuunn...*

    auehuaeuahuahuehaue......

    ReplyDelete
  24. huaahhh jadi ingat masa-masa 3 bulan di jakarta tiap hari naek busway.. klo lika sih paling bahagia klo naek dari blok M. selalu dapet tempat duduk. nikmaaat.. ueheu.. tapi masalahnya kalo berangkat selalu naek dr halte monas, yg paling deket dr kosan lika. dan itu tuh gak pernah kosong, selaluuuu penuh. mau AC-nya disetel sedingin apapun tetep aja dempet2an sama orang laen yg baunya gak karuan. menyebalkan. huhhh.. kangen naek busway..

    ReplyDelete
  25. ngomong2 soal bau gak karuan, gw jadi inget kemaren nonton tahiti 80. gw berdiri di 3 baris paling depan lah. kalo bergerak dikit tempat gw pasti direbut. penuh banget! eh, tiba2 di merebaklah bau kentut yang sungguh tak sedap di tengah2 kami. sumpah bau banget! tapi mau beranjak juga gak mau karena takut direbut orang. dan bau itu muncul beberapa kali loh! haha. sungguh menyiksa!

    ReplyDelete
  26. hahaha.. gw juga pernah kaya gitu, dicolek-colek suruh duduk, terus ga tau atuh, asa gengsi.. hahaha.. aneh emang aneh banget. gengsi bo.. hahaha..

    ReplyDelete
  27. wanjrot! mungkin pelakunya adalah orang yang mengincar tempat duduk.. ih amit amit..

    naik TRANSJAKARTA. Bus way itu jalannya. Jadi kalo naik busway, naik jalannya doang? heuheuehuehue..

    Kangen Transjakartaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa *cium cium pintu bis*

    ReplyDelete
  28. fyi, ga ada tempat duduk juga di situ. semua berdiri.

    loh, emang gw naik jalannya sit. enggak tau ya? (huehehehe. ngeles mode *on).

    ReplyDelete
  29. pantesan gw pernah liat lo jalan2 tanpa arah di depan halte transjakarta..

    ReplyDelete